Tips Memilih Burung Ciblek Kampung Bakalan Berkualitas

Sobat oll-info penggemar burung ocehan, hari ini kami akan berbagi tips tentang cara-cara memilih burung ciblek kampung yang berkualitas bagus, karena ini adalah syarat penting yang harus selalu di perhatikan ketika anda sudah memutuskan untuk memelihara jenis burung pemakan serangga bernama ciblek kampung yang saat ini sudah sangat jarang di temui di habitat alam liar.

Tidak bisa di pungkiri lagi bahwa habitat burung ciblek kampung saat ini sudah tergolong sangat menghawatirkan sekali, hampir tidak pernah kami dengar lagi suara burung yang mempunyai cirikhas tembakan ngebrem yang dulu banyak sekali kami jumpai di perkampungan yang masih memiliki pepohonan rindang, hal ini menjadikan burung ciblek kampung saat ini banyak di cari dan mempunyai harga yang lumayan mahal untuk ukuran burung berbadan kecil ini.

Meskipun ciblek kampung mempunyai ukuran fisik yang kecil (setara dengan burung sirtu) tetapi untuk kualitas suara tidak kalah keras dengan burung-burung berfisik besar seperti kacer, cendet dan lain-lain. Untuk itu saya rasa ciblek kampung adalah salah satu burung alternative yang bisa di pelihara dengan berbagai keunggulan diantaranya adalah biaya pakan yang sedikit, karena burung berjenis tubuh kecil seperti ini akan memerlukan poor yang tidak terlalu banyak di bandingkan dengan burung berfisik besar.

Banyak orang beranggapan bahwa ciblek kampung dan ciblek sawah merupakan satu jenis burung yang sama padahal kedua burung tersebut mempunyai habitat dan suara yang berbeda. Kalau ditanya lebih bagus mana suara ocehan ciblek kampung dengan ciblek sawah? jawabannya jelas kualitas dan alunan lagu lebih indah ciblek kampung daripada ciblek sawah, jadi ketika anda membeli jenis burung ini pastikan bahwa yang anda beli merupakan burung ciblek jenis kampung atau kebun yang mempunyai fisik seperti gambar diatas.

Berikut ini beberapa gambar jenis burung ciblek yang banyak diminati oleh penggemar kicau burung :

Burung ciblek kampung dada kuning atau biasa dikenal dengan ciblek semi

Burung ciblek kampung berdada putih biasanya lebih di minati dari pada ciblek dada kuning

Burung ciblek sawah biasanya jarang diminati

Dari ketiga gambar diatas, sebaiknya anda memilih burung ciblek kampung yang berdada kuning atau putih sesuai selera anda dan berikut ini tips memilih burung ciblek bakalan saat membeli :
  • Pastikan burung berjenis jantan dengan di tandai bagian bawah dagu berwarna hitam, ekor burung lebih panjang dan tidak memiliki garis putih diatas mata burung. Burung jantan aka lebih sering bunyi dan memiliki variasi kicau yang banyak.
  • Pilih postur tubuh dan leher yang panjang, postur tubuh yang ramping da panjang sangat di rekomendasikan agar burung mempunyai tembakan yang juga panjag.
  • Apabila anda membelinya dengan cara ombyokan, pilih burung dengan ciri-ciri kedua poin diatas beserta pilih yang paling aktif dan selera makan tinggi. Hal ini menandakan kesehatan yang bagus.
  • Pilih mata burung yang tajam melotot bulat besar, biasanya burung dengan mata seprti itu mempunyai mental yang bagus.
  • Pilih kaki burung yang mempunyai cengkraman kuat bersisik kering.
  • Pilih burung yang mempunyai bulu-bulu sayap rapat dan kering.
Selain memilih ciblek bakalan diatas, faktor penting lainya agar burung ciblek gacor adalah rawatan hariannya, kedua point ini tidak boleh dipisahkan apabila anda ingin memiliki burung ciblek juara dan untuk cara prawatan akan kami share pada postingan slanjutnya. Demikian share info memilih burung ciblek kampung bakalan berkualitas, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang mempunyai hobby mmelihara burung kicauan.

0 Response to "Tips Memilih Burung Ciblek Kampung Bakalan Berkualitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel