Tips Mengobati Ayam Yang Terkena Pukul Saraf

Ayam aduan yang terkena pukulan saraf memiliki dampak yang sangat serius jika tidak cepat-cepat di tangani, dan berikut ini adalah tips yang bisa anda lakukan untuk menangani / mengobatinya. Banyak yang mengatakan bahwa ayam yang terkena pukulan di sarafnya sangat sulit untuk di sembuhkan, hal itu memang benar karena saraf merupakan alat fital yang jika rusak akan berdapak serius pada organ-organ lain.

Seperti halnya manusia yang memiliki masalah pada sarafnya, dampak yang di timbulkan sangatlah beragam mulai dari stroke, lumpuh dan lain sebagainya. Ayam juga akan mengalami hal yang sama jika bagian saraf pentingnya rusak.
Ayam aduan yang terkena pukulan yang sangat keras pada sarafnya jika tidak langsung mati, biasanya akan timbul masalah, misalkan saja ayam menjadi kejang-ejang atau ayan secara tiba-tiba ataupun ayam akan kaget dengan sendirinya meskipun tidak ada suara atau gangguan.

Ayam aduan yang sudah terkena pukulan keras di bagian sarafnya biasanya akan menjadi ayam cacat yang sangat beresiko jika diadu kembali atau bahkan bisa jadi ayam aduan malah akan kehilangan mental bertarungnya. Kalau sudah seperti ini biasanya pemilik ayam akan langsung menjual ataupun menjadikan ayam tersebut menjadi opor untuk hidangan makan. Namun tunggu dulu jika ayam yang anda miliki adalah ayam bagus dan memiliki harga yang sangat mahal sebaiknya lakukan terapi pengobatan seperti berikut ini.

Cara Mengobati Ayam Yang Terkena Pukulan Saraf

- Mengistirahatkan Ayam
Ayam yang sudah terkena pukulan di sarafnya wajib untuk beristirahatkan total dalam waktu yang cukup lama, istirahat di sini bukan lantas ayam harus di kurung terus, istirahat dalam hal ini ayam tidak boleh di adu atau hanya sekedar mengabarkan sebelum ayam benar-benar sembuh.

- Berikan Makanan yang Lunak
Untuk menjaga kesehatan ayam anda bisa memberikan pakan ayam dengan pur yang di campur dengan air dan nasi. Ayam yang terkena pukulan saraf biasanya juga akan kesulitan untuk makan makanan yang keras terkadang sistem pencernaan juga ikut terganggu. Berikan makanan lunak yang banyak mengandung protein.

- Terapi Pijat dan Jemur
DI pagi hari anda bisa melakukan terapi pijat yaitu dengan memijat kepala dan leher dan mengurut secara perlahan menggunakan air hangat. Setelah itu ayam di jemur di bawah sinar matahari pagi namun jangan terlalu lama, setekah proses penjemuran selesai, anda bisa memberikan obat ungas therapy yang di larutkan pada air minumnya.

- Umbar Ayam Bersama Ayam Betina
Jika kondisi ayam memungkinkan untuk di umbar, ayam bisa di umbar di tempat umbaran yang tidak terlalu luas bersama ayam betina dan biarkan ayam coker atau mandi pasir.

- Berikan Jamu Herbal
Pada sore hari menjelang ayam mau di masukkan kandang, berikan merica secukupnya yang di lumatkan dengan gula merah untuk di lolohkan pada ayam.

Ayam aduan yang terkena pukulan saraf memiliki dampak yang sangat serius jika tidak cepat-cepat di tangani, dan berikut ini adalah tips yang bisa anda lakukan untuk menangani / mengobatinya

Lakukan terapi seperti langkah-langkah seperti yang sudah di terangkan  diatas dengan konsisten dan meskipun ayam sudah terlihat sehat, jangan sekali kali mengabarkan atau mengadu ayam sebelum 2 bulan dari terapi di jalankan.

0 Response to "Tips Mengobati Ayam Yang Terkena Pukul Saraf"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel